Membuat Teks Melingkar di Inkscape

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat teks melingkar pada program Inkscape. Teks melingkar umumnya digunakan untuk pembuatan sebuah Logo, Stempal atau Cap, dan lain-lain.

Caranya sangat mudah, berikut ini adalah caranya :

1. Buatlah sebuah teks dengan Tool Create and edit text objects atau tekan F8 pada keyboard Anda. saya contohkan seperti gambar dibawah ini.

2. Lalu buatlah sebuah Object berbentuk lingkaran atau Line (Garis melengkung) menggunakan Create circle, ellipses and arcs atau tekan tombol F5 pada Keyboard.



3. Seleksi kedua objek lalu pilih menu Text pilih Put on Path
    maka teks yang kita buat tadi akan otomotais melingkar diluar area lingkaran.


Membuat teks melingkar

Jika ingin merubah hasil teks agar melingkar di dalam lingkaran maka Anda cukup mem Flip Horizontalkan lingkaran saja dengan cara Klik pada objek lingkaran lalu pilih menu Object - Flip Horizontal

Sampai disini kita mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi jika Anda ingin menggeser teks yang kita buat tadi agar ada jarak antara teks dengan lingkaran masih belum bisa dilakukan karena teks masih terkait dengan objek lingkaran yang kita buat yang artinya apapun yang kita lakukan pada objek lingkaran, entah itu merubah skala/ukuran,menghapus, atau menggeser posisi lingkaran maka itu akan berpengaruh juga pada teks yang kita buat tadi, nah untuk itu kita perlu memisahkan keterkaitan tersebut dengan cara klik teks yang kita buat tersebut lalu pilih menu Path - Obeject to Path (Ctrl+Shift+C) maka setelah itu keterkaitan teks pada objek lingkaran sudah terputus karena kita merubah teks menjadi curve / path dengan demikian teks yang kita buat tadi sudah tidak bisa dirubah teks nya.

Bagaiman cukup mudah bukan, selamat mencoba dan jangan lupa share ya jika bermanfaat.

Jika anda masih juga kebingungan silahkan lihat untuk versi videonya dibawah ini




Baca juga cara tracing di program Inkscape disini

0 Response to "Membuat Teks Melingkar di Inkscape"

Post a Comment